Sejarah Pantai Baron Jadi Cikal Pemberian Nama dan Kisah Mistisnya (binis wisata)

Sejarah Pantai Baron menjadi bahasan menarik untuk Anda yang menyukai sejarah. Pantai yang berlokasi di daerah Gunungkidul ini memiliki daya tarik tersendiri.

Bahkan jika Anda mencari rekomendasi pantai selatan, maka akan muncul nama ini. Karena memang ikonik pantai selatan adalah Baron.

Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa pantai ini menyimpan kisah tersendiri. Maka dari itu coba saja simak kisah ini, maka pasti Anda akan semakin ingin berkunjung kesini.

Sejarah Pantai Baron Jadi Cikal Pemberian Nama dan Kisah Mistisnya (binis wisata)

Sejarah Pantai Baron yang Jadi Cikal Bakal Pemberian Nama

Pada mulanya pantai ini menjadi pelabuhan seorang bangsawan dari negara asing, Belanda. Seorang tersebut bernama Baron Skeber, sehingga nama depannya tersebut saat ini tersemat menjadi nama dari pantai ini.

Ternyata dalam pelabuhan kapalnya tersebut memiliki misi yang merugikan warga tanah air. Karena sosoknya ternyata pemimpin dari misi pemberontakan Mataram Islam masa tersebut.

Sehingga pantai ini menjadi markas untuk menyimpan berbagai senjata untuk misinya. Bahkan beberapa sumber menyebutkan bahwa informasi dari identitas Baron Skeber cukup misterius.

Meski mengaku berkebangsaan belanda, namun sempat menyebut dirinya dari Spanyol, bahkan juga Portugal. Sehingga tidak ada yang menjadi bukti secara nyata sosoknya merupakan asli mana.

Kenapa Pantai Baron Menjadi Pilihan Baron Skeber Berlabuh?

Dari cerita masyarakat yang berkembang hingga saat ini. Pemimpin pemberontakan tersebut memang sengaja memilih pantai ini karena lokasinya strategis.

Bahkan bentuknya yang seperti cekungan karena memang teluk. Ada bagian yang menjorok dari bibir pantai ke daratan memudahkan pendaratan kapal mereka.

Sehingga masyarakatnya yang cukup memberikan keramahtamahan yang akhirnya mereka manfaatkan. Bahkan menjadi markas persenjataan pada masa lalu.

Kisah Mistik Sejarah Pantai Baron

Pantai selatan selalu orang kaitkan dengan hal mistis yang mengelilinginya. Namun memang benar bahwa bahkan hingga pada saat ini masyarakat sekitar masih mempercayai kisah seperti ini. Mereka memiliki keyakinan tertentu yang tidak bisa diganggu gugat.

Modernisasi tidak menggerus tradisi yang mereka jalani dari warisan nenek moyang. Misalnya untuk larung sesaji dan sedekah laut yang mereka rutin gelar. Hal ini menjadikan bentuk syukur terdapat apa yang alam berikan.

Namun juga memiliki kaitan dengan penguasa laut selatan, Anda pasti pernah mendengarnya bukan? Beberapa cerita yang masih dipercaya seperti angkernya goa pada tebingnya hingga kini masih menjadi keramat. Bahkan ada sebuah kisah yang menjadi urban legend bahwa terdapat seekor harimau liar berkeliaran di pantai ini.

Namun ketika akhirnya terdapat tindakan pencarian besar-besaran. Mereka tidak menemukan apapun dan dimanapun.

Sejarah Pantai Baron ini menjadi pelengkap kisah yang mengungkung masyarakat hingga kini. Kita paling tidak memiliki pemahaman seperti ini, karena jika berkunjung kita tetap harus menghormati tradisi mereka. Jangan sampai kita justru menyinggu perasaan masyarakat dan berakhir tidak baik.