Untuk mencegah WhatsApp dibajak melalui aplikasi yang meniru WhatsApp Web, pengguna dapat melihat perangkat mana yang menggunakan akun mereka melalui WhatsApp Web.

1. Keluar dari WhatsApp Web
Klik opsi 3 titik di kanan atas
Klik WhatsAppWeb
Anda akan melihat daftar perangkat yang masuk dengan akun Anda
Pilih logout untuk semua perangkat
2. Aktifkan verifikasi dua langkah
Cara selanjutnya untuk melindungi akun WhatsApp Anda adalah dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor. Ini adalah opsi, yang dilaporkan oleh The Verge, untuk mengirim kode 6 digit setiap kali pengguna masuk ke perangkat baru dengan nomor Whatsapp terdaftar. Kode ini berbeda dengan OTP. Metode ini digunakan untuk mencegah pengguna memasuki akun Whatsapp mereka dan melakukan pembajakan melalui kode QR.

Klik opsi 3 titik di kanan atas.
Pengaturan> Akun> Verifikasi dua langkah.
Klik Aktifkan.
Masukkan 6 kode rahasia yang dipilih.
Masukkan email untuk memulihkan kata sandi Anda jika pengguna lupa.
3. Aktifkan pemindai sidik jari
Tidak hanya semua pengguna dapat masuk ke akun WhatsApp mereka, memindai dan mengetuk kode QR, tetapi mereka juga dapat mengaktifkan fitur pemindai sidik jari.

Klik opsi 3 titik di kanan atas
Klik Privasi
Klik pada kunci sidik jari
Pengaktifan
Pengguna diminta untuk merekam sidik jari
Whatsapp meminta pengguna untuk memilih waktu aplikasi akan langsung mengunci otomatis, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.
4. Instal ulang WhatsApp
Cara selanjutnya untuk melindungi akun WhatsApp Anda dari penyadapan adalah dengan menginstal ulang WhatsApp. Ini berlaku jika Anda telah mengklik OK ketika Anda diperingatkan untuk memindahkan akun Anda seperti yang dijelaskan di atas. Namun, perlu diketahui bahwa Anda akan tetap menggunakan nomor yang terdaftar di WhatsApp. Ini karena kode OTP WhatsApp akan dikirimkan ke nomor registrasi Anda.

5. Nonaktifkan akun Anda.
Jika akun WhatsApp Anda telah dibajak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, nonaktifkan akun Anda untuk memastikan tak ada orang yang menggunakan akun WhatsApp Anda. Untuk melakukan ini, kirim email ke Dukungan whatsapp (support@whatsapp.com) dengan frasa “Hilang / Pencurian: Harap Nonaktifkan Akun Anda” di badan email, seperti yang ditulis India Today. Setelah penonaktifan berhasil, Anda harus mengaktifkan kembali akun Anda dalam waktu 30 hari sebelum dihapus secara permanen.

 

Demikianlah Bagaimana mencegah WhatsApp dibajak yang dapat wartarakyat ulas. Semoga membantu.